Best PTC In The World, Extra Tips &Trik From Me ^^

Sabtu, 13 November 2010

Baterai Laptop/Netbook Dilepas Lebih Awet?

Beberapa orang sering beranggapan bahwa memakai laptop atau netbook ditempat yang ada colokan listriknya lebih baik baterai laptopnya dilepas saja. Alasannya agar baterai laptop lebih awet.
Benarkah anggapan demikian?

Ane akan mencoba mengumpulkan berbagai macam penilaian dari teman-teman kaskuser (member kaskus.us) mengenai hal ini.

Daya listrik yang dihasilkan oleh PLN terkadang tidak stabil. Hal ini menjadi salah satu faktor penyebab rusaknya alat-alat elektronik, termasuk laptop. Oleh karena itu hendaknya dalam pemakaian alat elektronik menggunakan alat bantu yang mampu menstabilkan listrik (stavolt). Tetapi untuk penggunaan laptop atau netbook apakah hal ini cukup? Tentu tidak gan. Laptop atau netbook yang pemakaiannya langsung dicolok ke listrik dan baterainya dilepas walaupun memakai stavolt belum bisa dikatakan aman. Karena apabila mati lampu, maka laptop agan tidak bisa diselamatkan terlebih dahulu. Hal ini akan berpengaruh pada kesehatan harddisk laptop agan. Bisa-bisa harddisk agan bad sector ataupun rusak total. Jadi solusi lainnya adalah dengan memakai UPS. UPS yang digunakan adalah UPS yang selain mampu menyimpan listrik juga mampu menstabilkan listrik.

Berdasarkan pengalaman teman-teman di kaskus, memakai laptop yang dicabut baterainya dan langsung menggunakan listrik bisa dikatakan aman (tetapi tidak 100% safe ya gan), dengan catatan listrik tidak mati. Karena di laptop, pada kabel chargernya terdapat alat untuk menstabilkan listrik (kotak berwarna hitam itu loh gan) walaupun kemampuannya tidak sehebat stavolt. Tetapi beberapa netbook rilisan terbaru telah meniadakan kotak hitam tersebut. Sehingga charger netbook menjadi lebih mudah dibawa. Jadi untuk hal yang demikian, sebaiknya dipakai dengan menggunakan UPS.

Tetapi gan, walaupun bagaimanapun laptop atau netbook adalah komputer yang didesain untuk bisa dibawa-bawa dengan mudah (mobile) jadi penggunaanya memang dengan menggunakan baterai. Kalau agan lebih sering menggunakan dirumah lebih baik agan pilih PC saja. Lebih powerfull daripada laptop.

 Apabila agan memang berniat untuk menjaga keawetan baterai laptop agan, patuhi aturan-aturannya. Seperti mencharger laptop dalam keadaan mati. Dan baru dipakai kembali apabila telah penuh. Hal ini selain mampu menjaga keawetan baterai juga mampu membuat baterai agan menjadi lebih banyak menyimpan listrik. Karena laptop yang dicharger sambil dipakai akan lebih cepat penuh tetapi juga lebih cepat habis (dalam posisi baterai : on) ketimbang laptop yang dicharger sambil dimatikan.

Jadi, semuanya kembali ke juragan semua.
CMIIW

1 komentar:

Yudi Purwanto mengatakan...

mau nnya neh....klau laptopnya pas abiz batray lngsung mati(tidak stanby) itu apny y????

Posting Komentar